Muhasabah di Pojok Timeline

Banyak status & postingan berseliweran di timeline facebook. Sebagian diantaranya hanya saya skip dan tak saya hiraukan isinya, sebagian lainnya hanya dilihat sepintas, dan sedikit dari yang saya lihat sepintas itu kemudian saya baca dengan seksama.

Facebook terlalu penuh dengan pemikiran individu yang tumpah ruah tanpa batasan apapun. Tidaklah suatu perkara menjadi benar ketika kesemuanya merepresentasikan dengan cara yang salah. Tidak hanya itu, perihal politik, perang pemikiran, bahkan agama dan rasisme juga ikut beradu disana. Karena itulah saya mulai lelah untuk membaca tumpukan informasi tak berguna yang kumpulan informasi itu bercampur dengan tausiyah dan nasihat baik dalam satu timeline.

Lucunya sore ini, saya lihat postingan dari FB page nya Yusuf Mansur. Meski saya mengidolakannya, jarang juga saya baca, kadang hanya sekilas lalu. Hanya saja sore ini entah kenapa saya agak nyengir sendiri pas melihat capture gambar dari postingan page Yusuf Mansur.

Berikut gambarnya:

ciri suami soleh

gambar tentang representasi bagaimana karakteristik suami yang soleh. Pertama hanya nyengir membaca judulnya. Beberapa saat saya masih mengkategorikan gambar ini sebagai gambar postingan propaganda nikah muda. Hingga saya baca seksama, lama kelamaan gambar ini seolah menjadi titik muhasabah bagi saya.

Sudah berapa ciri yang saya dapati dalam diri saya? Dan berapa ciri yang saya ingkar terhadapnya. Dimana dari ciri-ciri tersebut masih belum saya dapati, dan boleh jadi saya belum bisa menjadi calon suami dan calon bapak yang baik.

Beberapa wawancara saya lakukan kepada teman-teman dan senior-senior saya, yang intinya bukan keindahan fisik dan kekayaan harta lah yang berperan. Yang dari kesemua itu saya menyimpulkan, jika bukan dari kedua hal tersebut, bukankah keindahan hati dan kekayaan iman yang dicari?

Sekedar mengibur diri. Tidak ada kesalahan yang terlalu larut untuk dibenahi, tak ada dosa sebesar apapun selama apapun yang terlalu besar untuk ditaubati. Mari bermuhasabah, mari berubah.

 

-srf-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.