Kata Buya Hamka – Resume Kajian Tafsir Al Azhar


buya_hamka

“Kalau hidup hanya sekedear hidup, babi di hutan juga hidup. Kalau bekerja sekedar bekerj, kera juga bekerja.” –Buya Hamka-

-mukadimah “Lembaga Hidup”

Mengharai diri menghargai diri ia lah membela dan menyatakan kebenaran. Berpikir menurut keyakinan sendiri dan berkata menurut apa yang dipercaya. Oleh sebab itu maka wajiblah orang berfirikir sebelum berkata. Kalau perkata sudah dikeluarkan, suka ataupun tidak suka, pantang bagi seorang budiman menarik kata-kata tersebut kembali. Orang yang tidak menuruti apa yang dikatakannya,ia lah berdusata

Munafik itu

Ia memang mengaku bahwa kejujuran itu memang baik, namun ia tidak sanggup untuk menjalankannya.

Itu bila baliho2 yang ada di luar, jika digunakan untuk memberikan makan orang miskin, percayalah tim sukses Allah SWT lebih hebat daripada tim sukses manusia.

Lakukan 2 hal agar masyarakat suka kepadamu:

  • Buatlah perut mereka kenyang
  • Berikalah mereka rasa aman.

Allah lah yang memberikan makanan kepada orang yang kelaparan dan menghilangkan rasa takut dan memberikan rasa aman kepada manusia.

Namun sekarang jarang calon pemimpin seperti itu. Media jauh lebih berperan dalam pembentukan opini publik. Sehingga sekarang dipilih oleh rakyat adalah calon yang hanya mampu berencana dan belum menunjukkan realisasi.

 

Orang yang mengambil muka adalah orang yang lemah.

Takabur adalah mencintai diri lebih dari batasnya. Ciri orang takabur ada 4:.

  • Orang takabur itu mencintai dirinya dan ingin agar orang lain
  • mencintainya, merasa dirinya dari orang lain,
  • membanggakan kecukupan yang ia miliki dan ilmu dan harta benda,
  • menyuap orang lain agar ia dipanggil sebagai pemipin.

Takabur adalah sikap membesarkan diri.

Manusia dibagi menjadi 3 golongan atas kepercayaannya dan perbuatannya:

  • Percaya hati mulut hati dan perbuatan (mukmin)
  • Tidak mau percaya hati, mulut, dan perbuatannya melawan. (bakhil)
  • Mulutnya percaya, tetapi hatinya tidak. Perbuatan terbukti bahwa pengakuan mulutnya tidak sama dengan apa yang perbuatan. (munafik)

Munafik itu asal artinya adalah nafaq, yaitu lubang tempat bersembunyi di dalam tanah. Yang akhirnya munafik diartikan sebagai orang yang menymbuyikan keadaan sebenarnya untuk suatu penipuan.

*Ada oran gyang mengaku beriman kepada Allah dan beriman kepada hari akhir.

Ada nifaq dalam agama dan nifaq dalam perbuatan(amali). Nifaq perbuatan tidak mengeluarkan dia dari agamanya. Nifaq diini,adalah orang yang meyakini ada agama di luar islam yangsama benarnya dengan islam, misalnya orangyang berkata bahwa semua agama sama. De-facto murtad.

 

Apakah aku munafik?

Ustadz Bachtiar Nasir berpesan, kalau ingin tahu apa kita munafik atau bukan. Maka coba cek hal berikut: Jika kita bekerja ataupun melakukan suatu kegiatan bukan untuk Allah dan tidak berorientasi akhirat, maka sudah munafik. Lalu coba hitung, porsi untuk Illah dan yaumil akhir apakah lebih banyak atau lebih sedikit dari porsi dunia. Jika porsi dunia lebih banyak, maka dia sudah tergolong munafik.

 

Sasaran orang munafik diin:

  • Hendak memperdayakan Allah dan orang-orang yang beriman, padahal tidaklah yang mereka perdayakan, selain mereka memperdayakan diri sendiri. Memperdayakan Allah tidak mungkin berhasil, sedangkan memperdayakan orang muslim mungkin saja berhasil. Namun orang muslim akan mendapatkan pertolongan dari Allah. Mereka (orang munafik) itu tidak sadar mereka menipu diri mereka sendiri. Mereka sadar bahwa perbuatan itu salah, namun mereka melakukannya secara berkelanjutan hingga mereka tidak sadar mereka menipu diri mereka sendiri.


Dengan mulut manis, berlagak jujur, pura pura beriman, fasih lidah berkata-kata, dihias dengan sabda Tuhan dan rasul, supaya orang tau dia bersungguh-sungguh. Padahal tidak, mereka diperdayakan, kecuali diri mereka sendiri, dan tidaklah mereka rasakan.

 

Tidak ada psikiater yang dapat menyembuhkan penyakit munafik.

 

Latar belakang munafik:
Mengapa mereka tidak sadar mereka menipu diri sendiri? Karena di dalam hati mereka ada penyakit.
Pokok penyakit pada hati mereka adalah awal mulanya. Merasa diri lebih pintar. Kedudukannya begitu tinggi, namun selalu merasa terdesak karena yang dilawan terasa lebih kuat. Penyakit ingin tinggi sekepala. Namun tidak mau berterus terang. Jika kita tetap saja tidak mau bertaubat, maka Allah akan menambahkan penyakit tersebut. Tidak ada yang bisa menyembuhkan selain Allah.

Munafik itu:

  • Merasa lebih dari orang lain
  • Khawatir akan pandangan orang lain
  • Tidak mau berterus terang

Penyakit yang ditambahkan oleh Allah kepada para munafik.

  • Penyakit dengki
  • Penyakit hati busuk
  • penyakit penyalah terima

bahaya orang munafik

diibaratkan oleh Ust Bachtiar Nasir, data di kepala orang munafik itu adalah virus. Jika kamu terima, maka kamu terinfeksi virus darinya. Itulah bahayanya dusta yang dilontarkan orang munafik, dimana ia dapat merusak data yang ada di pikiran kita.

Lalu adakah anti virusnya? Ada, anti virusnya adalah tabayun.

 

Tentang sindiran

Jiwa mereka menjadi kerdil, karena jika ada suatu omongan atau pembicaraan yang tidak ada sangkut pautnya dengan dirinya, namun dia merasa tersindir oleh hal itu.

Jika ayat tersebut terasa menyinggung dirinya,  lalu kemudian ia insyaf dan mengoreksi, maka itu syifa (pengobat) bagi hatinya. jika tidak, maka ia tergolong orang munafik.

  • Munafik dari kalangan yahudi, yang merasa terdesak, padahal mereka yang jadi tuan dari orang madinah. Merkea inilah yang mengatakan bahwa mereka Allah dan hari akhir dan tidak menyebut mereka percaya  kepada kerasulan nabi. Mereka hendak menyembunyikan kepercayaan terhadap Muhammad dan Al-Qur’an.
  • Orang arab madinah sendiri, Abdullah bin Ubay. Ialah yang dipandang sebagai pemuka arab madinah. Dia kian lama ditinggalkan orang, kian nyata bahwa ia tidak jujur. Hanya duduk dan mencemooh Nabi SAW. Namun dia takut disisihkan orang.

Hukum dan ekonomi, dan paling parah di politik, yang paling sulit untuk membedakan hitam dan putih. Hati2 dengan ornag yang mengaku moderat. Hati-hati!

*Kemungkinan besar dia munafik. Abdullah bin Ubay menjadi moderat penengah antara arab dan yahudi. Yang dimana ia ditunjuk oleh yahudi dimana ia akan mendukung yahudi sekaligus arab..

Bentuk2 perbuatan orang munafik diin adalah apabila dikatakan mereka janganlah berbuat kerusakan di bumi. Mereka berkilah bahwa mereka tidak lain hanyalah berbuat kebaikan. Jelas2 yang mereka lakukan kerusakan, namun berkilah melakukan perbaikan.

 

Indonesia hanya bangkit dengan 2:

  • Agama
  • Ilmu

 

Rasulullah ketika melihat hancurnya masyarakat, yang dibentuk pertama kali bukan ekonomi, namun iqro’—yaitu ilmu.

Jika hanya uang yang menjadi patokan, maka tidak akan bangkit umat ini.

 

Barang siapa yang tidak mau mengambil ilmu dan beragama, maka dia akan hina selamanya.

Tidak usah terkecoh dalam argumentasi munafik. Bahwa mereka sesungguhnya perusak-perusak akan tetapi mereka tidak sadar.

Kita perlu orang yang siap bekerja keras.
harus ada yang halaqah dan pengajaran qur’an di masjid-masjid dan secara paralel latihlah fisik anak. Ada beberapa pihak aparat yang tidak bisa bertindak karena tidak ada aturan dan undang-undang. Inilah mengapa masyarakat harus bertindak , itulah dibutuhkan ormas. Misalnya miras.

Semakin religius seseorang, semakin bodoh dirinya, penelitian lapangan orang-orang kafir. Mungkin ada benarnya. Jangan mau keyakinanmu direndahkan bersama orang-orang yang tidak yakin.

 

Bagiamana mengobati penyakit hati

  • Untuk mengobati penyakit hati. Hak perasaan yang palin getpenting adalah menhatgai diri sendiri. Sederhana dalm makan dan minum. Menjaga pokok2 ketinggian budi. Perhatikan segala perkara dengan sesaama. Berani karena benar, takut karena salah. Buat kemauan dna sederhana. Sederhana paling penting adlah tentang harta benda. Harta benda dicari untuk mencapai suatu maksud. Jangn bakhil. Jangan diri yang mengikuti dan mengumpulkan harta. Jang pula mubadzir dan boros.
  • Jika dengki, maka ikhlaslah dengan pilihan Allah untuk kita itu. Tidak perlu melirik lain.
  • Sombong, menyadiri tentang kekecilan diri dan kehinaan diri dan ketidakmampuan diri di hadapan Allah.
  • Sederhana, dalam berkonsumi dan memiliki harta, tapi untuk berbuat baik, jangan ditunda2.

 

-srf-


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">