[Cafe Story] – Bersembunyi di Goa


amsterdam-cafe-stevens-rain__“Sendirian aja, Mas”?
“Eh, Nona.” pelayan kaget melihat customer setianya menyapanya di tempat yang tidak biasa, di sudut cafe dengan memandang hujan yang turun di dekat jendela.
“Tumben gak di bar? Lagi jadi konsumen ya?” Nona melihat secangkir latte hangat di meja depan pelayan itu.
“Oh iya, shift saya baru beres, Nona.” Pelayan tersebut menyeruput sedikit latte di depan mejanya.
Sang pelayan kembali memandang hujan melalui jendela sebelahnya, tidak berkata, dan tidak lagi bertanya, juga tidak menyapa.
“Tumben diem, Mas? Lagi galau ya?” Nona itu merasa ada yang aneh dengan sang pelayan, tidak seperti biasanya.
Sang pelayan memandang Nona, dan tersenyum sedikit. “Saya sedang menikmati kesendirian, Nona. Melihat air hujan yang jatuh, merasakan dinginnya AC, dan merenung atas segala hal. Dimana kesemuanya tidak dapat saya dapatkan ketika berada di bar. Ketika melayani pelanggan-pelanggan yang lain”
“Gitu ya?”
“He’em, ” sang pelayan menyeruput lattenya sekali lagi lalu melanjutkan kata-katanya, “Bersembunyi di Goa, itu intinya. Sesekali dirasa perlu untuk menyendiri, sekedar menikmati suasana dan merenung. Perlu diketahui, Nona. ini adalah bentuk rehabilitasi untuk sebagian orang.”
“Terus? kenapa Latte? kenapa tidak espresso?”
“Karena latte itu sangat lembut. saking lembutnya, mampu menangkal segala kenangan buruk yang hadir bersama tetes hujan dan dinginnya AC ini.” Pelayan menjelaskan.
“Mungkin aku juga butuh sesekali bersembunyi di Goa sepertimu” sang Nona mengangguk-angguk.
“Tidak perlu, Nona. tidak semua orang nyaman dengan ritual seperti ini. Toh saya tahu benar, bagaimana Nona merehabilitasi diri Nona sendiri.” Pelayan itu menatap lamat-lamat mata sang Nona.
“Hah? apa itu?” sang Nona penasaran.
“Bercerita … dan menangis” kata pelayan dengan pelan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">